Kesehatan

Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Kulit

Mengkudu merupakan tanaman yang tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu ini sekitar 3-8 m, yang mempunyai bungan yang bongkol serta warnanya putih. buahnya juga berwarna hijau, dan mempunyai totol totol apabila buah nya sudah tua dan akan menimbulkan bintik bintik hitam. Masyarakat aceh biasanya mengkudu suka dijadikan sebagai sayur dan buahnya suka dijadikan bahan nicah peugaga yang sering liat ketika pada bulan puasa. tanaman ini sering ditanaman di dekat rumah maupun di pedesaan, serta sebagai obat-obatan herbal juga.

Sejarah Mengkudu

Sejarah mengkudu ini yang berasal dari keberadaan bangsa polinesia yang ada di kepulauan pasifik. pada tahun 100 SM, bangsa yang terkenal berani mengembara yang menyebrangi lautan sehingga meninggalkan tanah air mereka sendiri. setelah sampai di polinesia kepulauan pasifik selatan. tetapi mereka akan mempersiapkan diri untuk perindah ke pulau yang lain. tetapi sejumlah tumbuhan dan hewan dibawa, karena sangat penting bagi mempertahankan hirup. seperti tumbuhan apa yang dibawanya, pisang, talas, ubi, sukun, tebu, dan mengkudu. pada tahun 1500 penduduk kepulauan hawai telah mengenal mengkudu dengan sebutan noni. mereka mempercai bahwa mengkudu ini dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Kandungan Nutrisi Mengkudu

Dalam buang mengkudu ini terkandung sejumlah zat zat yang sangat baik untuk tubuh, seperti : zat nutrisi, senyawa – senyawa penting, zat anti bakteri, zat anti kanker, zat asetil, zat moridon, zat soranjidiol, zat hipokelemestik.

Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan

  • Menurunkan Kolesterol

Kandungan zat xaronine dan proxeronine yang ada pada mengkudu kdapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam darah.

  • Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat mengkudu ini sangat baik untuk kesehatan serta mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pada mengkudu mempunyai kandungan anti inflamasi, anti bakteri, anti jamur dan anti histamin yang berfungsi untuk meningkatkan mekanisme imun yang ada pada tubuh. tidak hanya itu saja vitamin yang ada pada mengkudu ini sangat baik untuk mencegah penyebab cuaca serpti batuk dan flu, karena memiliki vitamin C dan vitamin E.

  • Menurunkan Risiko Stroke

Jik anda rutin mengkonsumsi megkudu dengan cara di just, maka anda dapa terlindungi dari risiko penyakit troke, karena kandungan yang ada pada mengkudu antioksidan, antiinflamasi mampu melancarkan aliran darah ke otak, serta melindungi dari kerusakan.

  • Menurunkan Risiko Diabetes

Pada sebuah penelitian yang dilakukan di universitas hindia barat, telah mengungkapkan ternyata pada mengkudu mengandung kadar glukosa dan juga efektif dijadikan obat untuk penderita diabetes.

  • Mencegah Kanker

Mengkudu ini memiliki kandungan senyawa antioksidan yang bisa mencegah risiko penyakit kanker yang disebabkan oleh radikal bebas. pada buah mengkudu ini bisa menstimulasi sistem imun maupun melawan sel kaner yang ada pada tubuh kita.

  • Meredakan Nyeri Haid

Kandungan yang ada pada mengkudu ini sangat berguna untuk mengurangi rasa nyeri saat haid. Maka dari itu, mengkudu mampu meminimalisir perubahan hormon yang telah disebabkan oleh perubahan mood saat haid.

  • Mencegah Osteoporosis

Mengkudu mempunyai kandungan meta asetil, morindone yang berfungsi untuk membantu menguatkan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

  • Mengatasi Penyakit Kulit

Manfaat mengkudu juga bisa mengobati kulit berisisk, bisul, kudis dan masalah kulit lainnya, yang menjadikan sebagai obat oles yang alami pada kulit. Sehingga mampu memperbaiki kulit yang rusak menjadi sehat dan ceras kembali. Jadi, apabila anda mengalami masalah infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri, terutama di selangkangan. Selain anda mencoba dengan cara tradisional di atas, maka anda juga bisa mencoba dengan obat jamur di selangkangan. Yang terbuat dari bahan alami yang sudah terkenal di indonesia.

Baca Juga : Cara Mencegah Infeksi Kulit

  • Melancarkan Peredaran Darah

Kandungan senyawa scopoletin yang ada pada mengkudu ini mampu melancarkan peredaran darah serta meregangkan pembuluh darah, berfungsi sebagai anti bakteri dan anti alergi.

  • Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat pada mengkudu ini sangat melebihi buah pepaya, jika anda mengonsumsi mengkudu dapat membantu melancarkan pencernaan sekaligus mengobati diare