Kuliner

Cibay Jajanan Favorit Orang Tasikmalaya

Cibay Masih Menjadi Jajanan Favorit Orang Tasikmalaya

Cibay Masih Menjadi Jajanan Favorit Orang Tasikmalaya

Kalau kamu saat ini sedang berada di Tasikmalaya atau mau liburan ke Tasikmalaya, jangan lupa cicipi makanan khas kota ini yang murah meriah dan unik.

Tahu cibay? Bukan cici lebay yah 😀 malainkan aci ngambai. Cibay adalah salah satu makanan atau snack atau jajanan yang sudah lama nongkrong sebagai salah satu menu cemilan yang pasti di cicipi saat santai.

Cemilan ini terbuat dari aci (dalam bahasa sunda) atau tepung tapioka atau kanji dalam bahasa Indonesia. Di sebut Cibay karena tepung tapioka yang ada di dalam cemilan ini ngambai (dalam bahasa sunda) atau Lumber dalam bahasa Indonesia. Jadilah di sebut CIBAY (Aci Ngambai).

Uniknya makanan yang satu ini banyak di minati oleh masyarakat yang ada di Tasikmalaya karena harganya yang murah meriah dan rasanya yang memang enak di mulut, tidak kalah dengan rasa mozzarella yang lumber-lumber gurih.

Untuk warga Tasikmalaya cibay dominan di konsumsi oleh masyarakat dari usia 10 – 25 Tahun atau usia saat sekolah dan Kuliah. Sebab cemilan cibay ini banyak di jual di depan kampus atau sekolahan SD, SMP, atau SMA/SMK. Namun tidak sedikit juga orang dewasa yang tidak lagi sekolah mengkonsumsi cemilan yang satu ini.

Dimana Beli Cibay Yang Enak?

Rasa cibay memang tidak jaduh berbeda dengan rasa-rasa penjual yang ada. Rasanya hamper 11/12. Mungkin yang membedakan dari cibay nya adalah dari penggorengan yang di lakukan. Jadi saran saya dimanapun anda menjumpai tukang cibay, nah, disitulah kamu bisa membelinya.

Namun yang saya tahu, untuk kamu yang mungkin sedang mampir ke Tasikmalaya coba deh cari di Depan Universitas Negeri Siliwangi, Jl. Siliwangi Kota Tasikmalaya solanya disitu ada yang jualan Cibay yang mangkal alias tidak keliling. Harganya murah kok cuman Rp1500,-/biji.

Harga Cibay Berapaan?

Harga Cibay bervariatif, tergantung si emang nya jualan di mana. Untuk tukang cibay yang berjualan di dekat sekolah SD / SMP mungkin harganya sekitar gope (Rp.500) meskipun ukurannya yang kecil. Namun untuk si emang yang memang berjualan di sekitaran Kota, seperti di depan Universitas, Sekolah SMA/SMK harganya akan lebih mahal yaitu sekitar Rp1000,- sampai Rp1500,- / biji.

Jadi dengan beli cibay, intinya tidak bikin kantung kamu kering karena dengan membeli goceng alias Rp5000,- sudah cukup kenyang menyantap cemilan khas Tasikmalaya yang satu ini.

Gimana udah tidak penasaran lagi dengan cibay? Sudah ada gambaran mengenai rasanya? Dari pada mikirin gimana rasanya, gimana lumernya ini cibay, mending beli sekarang saja, karena si emang atau si bibi tukang cibay selalu ada bahkan sampai malam (Cibay Unsil). Jadi gak usah khawatir.

Demikian info kuliner kali ini, tunggu informasi berikutnya mengenai cemilan menarik lainnya. Dan yang ingin tahu resep cibay ini, tunggu artikel saya berikutnya yah. Selalu stay di situs ini.

Kalu sudah baca, share yah ke teman atau sohib kalian di Fb, Twitter, dan lainnya. Atau untuk kamu yang ada di luar kawasan terutama Luar Jawa Barat, mungkin Cibay bisa menjadi bisnis yang menggiurkan. Oleh sebab itu tunggu yah resep membuat cibay di next article.