Metode Cara Pengobatan Lipoma Secara Medis
Kesehatan

Pengobatan Lipoma Secara Medis

Pengobatan Lipoma Secara Medis

Pengobatan Lipoma Secara Medis

Miliki benjolan abnormal misalnya seperti benjolan lipoma ini, memang sangatlah mengganggu. Baik itu dari segi penampilan maupun pada saat ketika seseorang melakukan aktivitas. Terlebih lagi bilamana benjolan yang terjadi sudah cukup besar, misalnya 4-5 cm.

Ukuran dari lipoma ini sendiri memang beragam. Namun pada umumnya tidak melebihi diameter 8 cm. Selain itu, benjolan lipoma sendiri biasanya seringkali di temukan pada bagian tubuh seperti lengan bawah, kaki, punggung dan leher. Namun benjolan lipoma sendiri sebenarnya tetap dapat tumbuh dibagian lainnya.

Lipoma sendiri merupakan jenis tumor yang tidak terlalu berbahaya. Namun bilamana benjolan yang terjadi terus bertambah besar, maka biasanya dokter akan menganjurkan untuk melakukan tindakan operasi pembedahan guna mengangkat benjolan berisi tumor lapisan lemak tersebut.

Namun biasanya sebelum dilakukan tindakan pembedahan ini dokter akan melakukan pemeriksaan ulang atau memastikan kembali apakah benjolan tersebut benar-benar lipoma, kista, abses ataukah cikal bakal kanker. Selain itu dokter juga akan memeriksa sebara besar ukuran benjolan lipoma yang terjadi, berapa jumlahnya, dll.

Dokter juga biasanya akan menanyakan mengenai riwayat Anda atau keluarga Anda apa ada yang pernah menderita kanker kulit atau tidak. Dan dokter juga akan bertanya apakah benjolan yang terjadi terasa sakit atau tidak.

Dari semua itulah dokter nantinya akan merekomendasikan pengobatan apa yang lebih cocok untuk mengatasi benjolan lipoma yang Anda alami. Karena meskipun tindakan operasi memang umum dilakukan untuk mengatasi lipoma, namun tak semua benjolan dapat di atasi dengan tindakan operasi.

Karena sebenarnya ada satu jenis lagi penyebab benjolan, yang memiliki karakteristik yang sama dengan benjolan lipoma. Yaitu kanker kelenjar getah bening / limfoma. Bilamana benjolan memang 100% terjadi karena lipoma, dapat di atasi dengan tindakan operasi. Namun bilamana ternyata benjolan tersebut adalah cikal bakal kanker / limfoma, maka tindakan operasi tidaklah dapat mengatasinya dengan efektif.

Adapun Pengobatan Lipoma Secara Medis sendiri adalah sebagai berikut

1. Melalui tindakan operasi

Operasi pengangkatan adalah cara umum yang dipakai guna mengatasi benjolan yang benar-benar terjadi karena lipoma. Pembedahan ini terbilang benar-benar membantu terutama bagi Anda yang memiliki lipoma cukup besar.

2. Melalui tindakan liposuction

Liposuction adalah salah satu metode pengobatan lipoma dengan jalan sedot lemak. Cara ini sendiri bertujuan hanya untuk mengurangi ukurannya, namun tidak bisa sampai mengatasinya. Dan biasanya lipoma yang di obati dengan jalan sedot lemak ini, maka benjolan lipoma dapat tumbuh kembali bahkan di tempat yang sama.

3. Suntikan steroid

Pengobatan lipoma secara medis yang satu ini juga bertujuan guna memeperkecil benjolan lipoma yang terjadi. Tindakan pengobatan lipoma ini juga tidak dapat mengatasi benjolan lipoma secara keseluruhan, dan seringkali benjolan lipoma akan tumbuh kembali bahkan di tempat yang sama.

Sehingga dari semua itu, maka tak heran jika pengobatan dengan jalan tindakan operasi lebih di pilih guna mengatasi benjolan lipoma, dengan syarat benjolan yang terjadi memang benar-benar terjadi karena lipoma.

Namun sebenarnya selain dengan jalan operasi, lipoma ini juga dapat di obati dengan sebuah obat lipoma di apotik berjenis herbal saja. Misalkan saja seperti produk Jelly Gamat, Zedoril, dsb.