Rutin Makan Tomat Ternyata Dapat Cegah Kanker Prostat

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Tak hanya enak di makan ! rutin makan tomat ternyata dapat cegah kanker prostat. Namun nyatanya ada cara khusus agar tomat ini dapat optimal mengeluarkan khasiatnya guna mencegah kanker prostat.

Rutin Makan Tomat Ternyata Dapat Cegah Kanker Prostat

Tomat merupakan salah satu jenis sayuran dan buah-buahan yang kerap hadir guna melengkapi cita rasa suatu masakan. Dari mulai menu masakan tradisional sampai modern, tomat ini kerap hadir guna melengkapi cita rasanya.

Tak hanya bermanfaat untuk penambah cita rasa suatu masakan, tomat dari jenis tomat apel juga kerap di jadikan jus yang sangat enak. Terlepas dari hal-hal tersebut, ternyata dibalik semua itu terkandung sejumlah manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Dewasa ini telah diketahui kalau ternyata rutin makan tomat ini dengan pengolahan yang benar dapat mencegah kanker prostat. Dimana sebagaimana yang telah kita ketahui kalau kanker prostat ini adalah salah satu penyumbang angka kematian tertinggi dari jenis kanker didunia.

Tak disangka, hanya dengan rutin makan tomat dapat menghindarkan kamu dari terkena kanker prostat

Tomat adalah sumber antioksidan dan vitamin C yang kuat, yang dapat membantu melawan radikan bebas dari kanker prostat. Antioksidan kuat yang terdapat di dalam tomat ini disebut dengan lycopene.

“Lycopene diketahui dapat menurunkan tingkat kerusakan sel serta memperlambat penyebaran sel kanker. Namun kandungan ini terikat erat dengan dinding sel, dimana tubuh kita membutuhkan waktu lebih guna mengeluarkannya dari tomat mentah”.

Hal tersebut tertulis di salah satu laman Healthline. Dari sebuah penelitian di Inggris pada tahun 2014, yang dimuat dalam jurnal “Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention”, dikatakan bahwa “makan 10 porsi tomat dalam seminggu dapat mengurangi resiko terkena kanker prostat”.

Dari riset terhadap 14.000 pria, ditemukan meeka yang rutin mengkonsumsi tomat memiliki resiko lebih rendah terserang penyakit kanker prostat. Diketahui juga kalau mengkonsumsi rutin tomat dapat menurunkan resiko terserang kanker prostat sampai 18%.

Vanessa Er, yang merupakan peneliti utama dari University of Bristol mengatakan “Penemuan ini menunjukan kalau tomat berkemungkinan penting dikonsumsi guna mencegah dari terjadinya kanker prostat. Namun penelitian tetap perlu di lanjutkan guna untuk mengkorfirmasi hal ini”.

Tak hanya beliau saja, hal serupa juga dikatakan Dr Wendy Winnall. Beliau mengrimkan sebuah tulisan yang merekomendasikan bahwa pria harus banyak makan tomat untuk Yayasan Kanker Prostat Australia.

Sehingga dari semua itu dapat disimpulkan kalau tomat ini berpotensi besar guna mencegah terjadinya kanker prostat. Namun untuk mendapatkan manfaat ini, ada cara khususnya. Karena kandungan lycopene dalam tomat mentah ini agak sulit untuk di serap tubuh.

Cara mengolah tomat untuk cegah kanker prostat

Adapun mengenai hal ini telah di jelaskan pula oleh Dr Aru Wisaksono Sudoyo SpPD, KHOM, FACP dalam sebuah pembicaraan mengenai kanker prostat. Yang di laksakan di Hotel Gran Melia pada bulan Mei 2015 hari Rabu.

Yang pada intinya menjelaskan kalau kandungan lycopene dalam tomat dapat mencegah kanker prostat. Namun agar lycopenenya keluar, tomat ini harus dimasak atau di celupkan ke air mendidih terlebih dahulu atau dicampurkan kedalam sayur. Sehingga tomat ini dapat bermanfaat guna mencegah kanker prostat ini.

Itulah informasi mengenai manfaat tomat ini guna cegah kanker prostat. Namun memang seperti yang dikatakan sebelumnya, pengolahan tepat menentukan apakah Anda bisa mendapatkan khasiat tomat guna mencegah dan mengobati gangguan prostat atau tidak.

Dan selain itu perlu juga Anda ketahui kalau “meskipun tomat ini memiliki manfaat yang baik guna mencegah kanker prostat atau gangguan prostat, mengkonsumsinya secara berlebihan itu tidaklah baik”. Karena mengkonsumsi tomat secara berlebihan dapat memicu masalah kesehatan lainnya.

Masalah kesehatan yang dipicu dari mengkonsumsi tomat secara berlebihan adalah seperti asam lambung meningkat, imunitas tubuh menurun, terjadinya masalah pencernaan, bahkan dapat memicu terbentuknya batu ginjal.

Adapun salah satu cara yang jauh lebih aman dan efektif mencegah bahkan mengobati gangguan prostat termasuk kanker prostat adalah dengan rutin mengkonsumsi obat prostat salah satunya obat prostat herbal. Pengobatan dengan obat prostat ini lebih direkomendasikan karena lebih aman bagi tubuh, dan lebih jelas mampu mencegah dan mengobati gangguan prostat termasuk kanker prostat.